Kapolres Bitung Ajak Masyarakat Hindari Politik Uang dan Isu SARA dalam Pilkada Serentak 2020

Kapolres Bitung Ajak Masyarakat Hindari Politik Uang dan Isu SARA dalam Pilkada Serentak 2020

MANADO, Humas Polda Sulut – Kapolres Bitung AKBP F.X. Winardi Prabowo mengajak masyarakat menghindari money politic atau politik uang, berita hoax, dan isu SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan) dalam Pilkada Serentak 2020.

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri Rapat Koordinasi Stakeholders Anti Politik Uang, Hoax, dan Politisasi SARA pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara serta Walikota dan Wakil Walikota Bitung Tahun 2020, Jum’at (16/10), di Aula Fave Hotel Bitung.

“Kami mengajak masyarakat menghindari politik uang, berita bohong atau hoax dan politisasi SARA, agar bisa tercipta Pilkada yang aman dan damai, demi mendapatkan pemimpin daerah yang berintegritas serta bermartabat,” kata AKBP F.X. Winardi Prabowo.

Dalam kesempatan itu pula, AKBP F.X. Winardi Prabowo mengajak masyarakat untuk bijak menggunakan media sosial. “Mengingat banyak informasi hoax maupun ujaran kebencian itu beredar melalui media sosial. Setiap mendapat informasi, pastikan dulu sumber dan kebenarannya. Prinsipnya, saring sebelum sharing,” imbaunya.

Ditambahkan AKBP F.X. Winardi Prabowo, masyarakat bersama seluruh penyelenggara Pilkada diajak untuk mematuhi Maklumat Kapolri Nomor: Mak/3/IX/2020 tanggal 21 September 2020 tentang Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan dalam Pelaksanaan Pemilihan Tahun 2020.

“Maklumat tersebut diterbitkan untuk mencegah terjadinya klaster baru penyebaran Covid-19 di masa Pilkada Serentak tahun 2020. Mari kita ciptakan Pilkada yang aman, sejuk, damai, dan sehat,” pungkas AKBP F.X. Winardi Prabowo.

Turut hadir dalam rapat koordinasi tersebut, di antaranya Plt Walikota Bitung Edison Humiang bersama Forkopimda Kota Bitung, Anggota Bawaslu Provinsi Sulut Mustarin Humagi, Ketua KPU Kota Bitung Deslie Sumampouw, para LO Paslon Walikota dan Wakil Walikota Bitung, serta Ketua FKUB Kota Bitung Pdt. Vivie Lousan Rompas.

(***)