KKP Hibah 2 Kapal Kepada Pemda Boalemo dan Sulteng

KKP Hibah 2 Kapal Kepada Pemda Boalemo dan Sulteng
Dirjen PSDKP Dr. TB Haeru Rahayu dan Bupati Boaleme pada acara serah terma hibah kapal di Samudra Pangkalan PSDKP Bitung
BITUNG - Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementrian Kelautan dan Perikanan hibah dua unit kapal Pengawasan Perikanan kepada pemerintahan Kabupaten Boalemo Propinsi Gorontalo dan Propinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), bertempat di dermaga Pangkalan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Bitung, di Kelurahan Tandurusa Kecamatan Aertembaga, rabu (21/10/2020).
Dirjen PSDKP Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) Dr. TB Haeru Rahayu didamping DR Pung Nugroho Saksono Direktur Pemantauan Operasi dan Armada (POA), Seditjen Ir Suharta dan Plt Direktur Penanganan Pelanggaran Nugroho Aji, mengantar Bupati Boalemo Darwis Moridu beserta staf di Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulteng  Davit, Dinas Pariwisata Kabupaten Boalemo dan jajaran masing-masing daerah naik ke atas kapal Todak 01 dan Todak 02.
Dalam penyampaiannya Dirjen PSDKP Dr TB Haeru Rahayu menyampaikan, bahwa kapal yang dihibahkan sebelum digunakan untuk melakukan pengawasan sumber Daya kelautan dan perikanan adalah dibawah komando Direkrur POA DR Pung Nugroho Saksono.
"Kapal yang kami hibahkan, sebelum digunakan untuk melakukan pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan itu di bawah komando DR Pung Nugroho Saksono Direktur POA," kata Dirjen PSDKP Haeru.
Hibah dua unit kapal pengawas yang dilakukan KKP lanjut Haeru adalah  bagian dari tindak lanjut kunjungan Menteri KP Edhy Prabowo ke dua daerah dengan melakukan komunikasi, konsolidasi dan koordinasi terkait keinginan daerah itu punya kapal pengawas.
" Kami berharap Dua kapal yang dihibahkan KKP bisa dimanfaatkan dan pergunakan, tentunya akan disuport oleh KKP dengan memberikan norma standart prosedur kriteria (NSPK), dan untuk operasionalnya itu menjadi kewenangan dari masing-masing daerah," ujar Dirjen PSDKP 
Dan Adapun kondisi 2 kapal yang dihibahkan itu masih sangat layak, uji coba terakhir mampu melaju dengan kecepatan 10 knot. Dan untuk Pengawasan di bawah 12 mil ke bawah kata Haeru masih layak. Kalau kapal besar ke ZEE itu dengan speed lebih tinggi.
" Intinya tambah Haeru pihak pemerintah pusat KKP selalu bersinergi dalam melaksanakan tugas pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan.  Dan terkait Dua kapal yang dihibahkan itu akan digantikan dan pihak KKP akan menerima dua unit kapal baru di akhir tahun 2020." Pungkasnya
Usai proses di atas kapal, kegiatan acara dilanjutkan Penandatanganan Berita acara dan serah terima Kapal Todak O1 dan Todak 02 dari Dirjen PSDKP KKP kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Pemerintah Kabupaten Boalemo, di Gedung Graha Mina Samudera Pangkalan PSDKP Bitung.
(Abdul)