Terima Bantuan, Kelompok Tani Minaesa Siap Berdayakan Petani Milenial

Terima Bantuan, Kelompok Tani Minaesa Siap Berdayakan Petani Milenial
Ketua Kelompok Tani Minaesa Terima bantuan sejumlah alat Tani dari Pak Slamet Pengusaha dari Surabaya

BITUNG -Dalam rangka memberdayakan sumber daya manusia Pemuda Milenial di bidang pertanian, Kelompok tani Minaesa (makatana Minahasa), Sulawesi Utara memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan pertanian.

Lahan seluas kurang lebih 2 Hektar sangat stragis untuk lahan pertanian karena selain luas, rata juga sangat strategis. Mendapatkan bantuan alat Mesin Pertanian dari salah satu Pengusaha Surabaya bernama Slamet Kelompok Tani Minaesa akan segera mengfungsikan lahan yang terletak di Girian bawah in.

Bantuan berupa satu unit mesin Paras Full set, Satu unit Culrivator/Tiler dan satu Mesin Pengelola Pupuk alami (kompos) diserahkan langsung oleh Slamet kepada Ketua Kelompok Tani Minaesa Rocky Oroh dilokasi lahan pertanian, Kelurahan Girian Bawah Kec. Girian, Jumat (30/10/2020).

Kegiatan yang didahului Penyuluhan oleh Dinas Pertanian kota Bitung kepada anggota kelompok tani, sebagai bentuk apresiasi pemerintah dalam rangka memberdayakan Sumber daya manusia di bidang pertanian.

Dalam pemaparannya Penyuluh Dinas Pertanian Kota Bitung, Jefri Moningka itu lebih kepada teknis bagaimana sistim pengelolaanya agar petani itu bisa mendapatkan hasil maksimal.  Selain harus ditunjang alat teknologi yang memadai juga pengawan merupakan hal yang sangat penting dilakukan.

" Sebagai penunjang keberhasilan bagi petani dalam bertani, selain Alat teknologi memadai, pengawasan dan perhatian Petani itu sangat penting, supaya bisa mendapatkan hasil maksimal," Jelas Jefry

Dan untuk lahan dengan kondisi tanah seperti ini Lanjut Jefry sebaiknya menggunakan pupuk kandang (Kompos) karena menurutnya Kompos tahan lama dan menyimpan air sehingga tanamannya subur. Selain itu juga harus ada pengawasn dan melakukan penyemprotan hama secara rutin.

" Untuk bisa mendapatkan hasil memadai pada kondisi tanah Timbun seperti ini sebaiknya menggunakan pupuk kompos, lakukan pengawasan dan juga penyemprotan hama secara rutin." Ungkapnya.

Di tempat yang sama Ketua Kelompok Tani Minaesa, Rocky Oroh menuturkan  sangat berterima kasih kepada pak Slamet telah karena tekah memberikan bantuan Alat pertanian kepada pihaknya. Dengan harapan bantuan Alat pertanian ini akan dimanfaatkan sebaik mungkin. Sebagai petani kami tentunya akan mendukung program Ketahanan pangan daerah khususnya pemerintah di kota Bitung ini.

" Terima kasih kepada  pak Slamet  atas suport dan bantuan yang diberikan, semoga dengan bantuan Alat ini kami bisa mendapatkan hasil yang baik," ungkap Rocky.

Kedepan kami masih membutuhkan pendampingan dan dukungan Pemerintah maupun instansi terkait, dalam rangka memberdayakan sumber daya petani Milenial sehingga nantinya kami sebagai petani bisa ikut menunjang ketahanan pangan daerah khususnya di kota Bitung tetap jalan," tutupnya.

(Abdul)