Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan, BMKG Bitung Gelar Sekolah Lapang Cuaca Bagi Nelayan

Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan, BMKG Bitung Gelar Sekolah Lapang Cuaca Bagi  Nelayan
Kepala BMKG Bitung Daryatno dan Kepala.Seksi Observasi dan Informasi Ricky Daniel Aror

BITUNG - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Sulawesi Utara dan Gorontalo di Kota Bitung, menggelar Pelatihan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (LSCN) Stasiun Maritim Bitung Tahun 2020, dilaksanakan selama tiga hari tanggal 21  23 September 2020. 

Kegiatan yang sudah berjalan kurang lebih 3 tahun yang saat ini di ikuti 25 peserta dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada Nelayan tentang keadaan cuaca agar pada saat melaut nelayan itu aman. lebih khusus lagi nelayan hidup sejahtera. 

Seperti halnya disampaikan Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Bitung, Daryanto didampingi oleh Kepala Seksi Observasi dan Informasi, Ricky Daniel Aror,  mengatakan bahwa kegiatan ini sudah dilaksanakan  setiap tahunnya dan itu sudah 3 tahun berjalan dimulai 2017.

“ ini, adalah kerjasama kami BMKG Maritim di Kota Bitung dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Gorontalo serta khususnya Pemerintah Kota Bitung, dalam meminimalisir angka kecelakaan di perairan laut yang dikhususkan para nelayan yang ada di Kota Bitung,” kata Daryatno Selasa (22/09/2020)

Lanjutnya, ia berharap setelah pelatihan ini selesai, tidak hanya sampai disini saja, namun kepada kader dapat melakukan hal-hal positif dalam menginformasikan terkait dengan situasi dan kondisi alam yang terupdate secara digital kepada masyarakat umum yang khususnya masyarakat nelayan.

“Ada banyak kader BMKG Maritim usai pelaksanaan kegiatan seperti saat ini, yang dilakukan setelah tahun 2016 yang lalu sampai  sekarang ini. Saya berharap penyebaran informasi terkait dengan kondisi alam yang terupdate secara digital dan akurat oleh kami BMKG Maritim di Kota Bitung, bisa sampai pada masyarakat nelayan diwilayah Kota Bitung,” tururnya. 

Senada Kepala Seksi Observasi dan Informasi Ricky Daniel Aror, menambahkan untuk informasi digital dan online bisa di akses melalui situs resmi BMKG Maritim Bitung, tentang perkiraan cuaca yang terupdate disetiap 10 menit berjalannya waktu, serta Masyarakat dapat mengunjungi langsung Kantor BMKG Maritim di Kota Bitung untuk informasi terkait dengan Perkiraan Cuaca.

Selain mendapat apresiasi pemerintah pelaksanaan kegiatan ini sangat di apresiasi oleh peserta pelatihan dimana menurutnya kegiatan ini sangat bermanfaat dan sangat penting bagi nelayan dalam melakukan aktifitas.

" Pelaksanaan kegiatan ini, sangat bermanfaat dan penting, bagi kami dan  Masyarakat umum yang khususnya Masyarakat dan Kelompok Nelayan yang ada di Kota Bitung. Dengan pelatihan selama 3 hari ini memberikan  banyak pengetahuan terkait situasi dan cuaca alam di saat nantinya kita akan melakukan aktifitas dilaut. Kami sangat mengapresasi dan Berterima kepada Pemerintah khususnya kepada BMKG Bitung." Ungkap salah satu peserta pelatihan.

(Abdul)