Walikota Manado Bacakan Ikrar Penanda Peluncuran Kemitraan Bupati/ Walikota Pesisir Untuk Tujuan Berkelanjutan 14 Ekosistim Laut di Sulut

Walikota Manado Bacakan Ikrar Penanda Peluncuran Kemitraan Bupati/ Walikota Pesisir Untuk Tujuan Berkelanjutan 14 Ekosistim Laut di Sulut
Walikota manado

Manado-Sehubungan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB-14), provinsi Sulawesi Utara (Sulut) telah membangun kemitraan Bupati/Walikota, dimana bentuk kemitraan tersebut dinyatakan dalam acara peluncuran Kemitraan.

Kegiatan tersebut dilakukan secara zoom meting, bertempat di Taman Berkat ( God Blesspark), Kamis(06/08/2020). 

Dimana banyak negara di dunia saat ini sudah mempertimbangkan tantangan global akibat pandemi COVID-19 yang saat ini sedang mendunia termasuk Indonesia khususnya lagi Sulut. Tantangan tersebut menjadi peluang untuk bisa menerapkan terobosan dalam program kerja sama untuk bidang ekonomi, sosial, dan lingkungan.

"Bagi kita, ini adalah salah satu tugas penting dan menjadi satu kesempatan yang besar. Sebagai wilayah  kepulauan dengan keanekaragaman hayati laut dan komunitas pesisir yang tinggi, Sulut khusunya Manado  perlu mengubah tantangan menjadi peluang dan memastikan bahwa tindakan yang dilakukan sudah selaras dengan kebutuhan masyarakat, laut yang sehat, dan kesejahteraan," ucap Walikota Manado.

Walikota juga menuturkan, bahwa salah satu upaya yang dilakukan dalam melaksanakan transformasi ekonomi kelautan yang berkelanjutan adalah dengan mengarahkan semua aktivitas berbasis kelautan, peningkatan mata pencaharian masyarakat pesisir, kesehatan laut, dan ekosistem pesisir dengan penguatan pengelolaan wilayah pengelolaan perikanan Negara Republik Indonesia. 

Untuk melaksanakan penguatan pengelolaan, itu dilakukan melalui manajemen perikanan berbasis ekosistem, budi daya laut, dan perlindungan habitat laut yang terintegrasi dalam rencana tata ruang laut, rehabilitasi lingkungan laut terpadu berbasis alam, dan melanjutkan upaya pemberantasan penangkapan ikan ilegal.

“Juga mengurangi marine debris (sampah laut), serta meningkatkan mata pencaharian guna memastikan keberlanjutan industri perikanan dan pariwisata bahari dalam jangka panjang,” jelas Walikota Manado.

Diketahui dalam kegiatan peluncuran tersebut, dibacakan Ikrar oleh Bupati dan Walikota termasuk pengukuhan kemitraan Bupati/Walikota pesisir untuk tujuan pembangunan berkelanjutan Nomor 14 di Sulut oleh 13 nelayan kecil masing-masing kabupaten/kota di Sulut disaksikan Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, SE, dan penyampaian makna kemitraan oleh, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Menteri Dalam Negeri, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas serta Menteri Kelautan dan Perikanan.(Pemhum/Steven Pande-iroot)